Gelombang Elektromagnetik, apa sih itu??

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang, frekuensi, amplitudo, kecepatan. Gelombang elektromagnetik merupakan interaksi medan magnet dan medan listrik.

Spektrum gelombang elektromagnetik dari frekuensi kecil ke besar dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari adalah :

1. Gelombang Radio (104 – 107), digunakan untuk media komunikasi dari satu tempat ke tempat lain.

2. Gelombang ini dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer sehingga dapat mencapai tempat -tempat yang jauh. Berdasarkan sistim modulatornya, gelombang radio dapat dibagi menjadi gelombang AM (Amplitudo Modulasi) dan gelombang FM (Frekuensi Modulasi). Gelombang AM menggunakan frekuensi rendah dan dapat dipantulkan lapisan ionosfer bumi sehingga dapat mencapai tempat -tempat yang jauh. Sedangkan pada gelombang FM menggunakan frekuensi tinggi (VHF) sehingga tidak dapat mencapai tempat yang jauh.

3. Gelombang TV (108 Hz), digunakan untuk sumber infor masi dan hiburan. Gelombang ini menggunakan gelombang UHF, sehingga tidak dapat dipancarkan oleh lapisan ionosfer.

4. Gelombang Radar/Mikro (109 – 1010 Hz), adalah gelombang radio dengan frekuensi yang paling tinggi, dimanfaatkan dalam alat peralatan microwave dan pesawat RADAR (Radio Detection and Ranging).

5. Sinar Infra Merah (1011 – 1014 Hz), dihasilkan oleh elektron -elektron dalam molekul yang bergetar karena sebuah benda dipanaskan, digunakan dalam bidang kesehatan untuk mendeteksi penyakit gangguan dalam sirkulasi darah, kanker, dsb., dan juga dalam peralatan remote control serta alarm pencuri.

6. Cahaya Tampak (mejikuhibingu) berada pada frekuensi 1015 Hz digunakan untuk membantu pengelihatan mata manusia.

7. Sinar Ultra Violet (1015 – 1016 Hz), dihasilkan oleh atom-atom dan molekul-molekul dalam nyala listrik, dimanfaatkan dalam bidang kesehatan untuk menyucihamakan peralatan operasi dalam rumah sakit.

8. Sinar X (1016 – 1020 Hz), dihasilkan dari tabung sinar X karena rangsangan foton berenergi tinggi,dimanfaatkan dalam bidang kedokteran untuk pemotretan bagian dalam tubuh.

9. Sinar Gamma (),berada pada frekuensi 1020 – 1025 Hz mempunyai daya tembus yang sangat besar, bahkan dapat menembus baja sehingga dalam bidang industri dimanfaatkan untuk memotong baja dan memeriksa cacat-cacat pada logam. Sinar gamma merupakan zat radioaktif sehingga membahayakan bagi kesehatan manusia.

Untuk melihat secara lengkap, silahkan download saja

download dalam GEM.pdf | 261 KB


8 thoughts on “Gelombang Elektromagnetik, apa sih itu??

  1. saya masih dibingungkan pada beberapa hal, misalnya pada sinar gamma. mempunyai panjang gelombang terpendek dari pada sinar-X dkk. semakin pendek, semakin tinggi tingkat tembusnya. itu maksudnya bagaimana ya? jadi hubungan panjang gelombang td dgn tingkat ketembusannya.

    1. Sinar gamma merupakan satu-satunya gelombang EM yang hanya dapat dihasilkan oleh inti atom. Sinar ini dapat memiliki frekuensi yang lebih tinggi dan panjang gelombang yang lebih pendek dibandingkan dengan senar-X dkk

      Nah, kalau menurut saya, itu disebabkan oleh pajang gelombang yang dimiliki oleh gamma. Kalau pajang gelombang itu berhubungan dengan rapat gelombangnya, sehingga kalau pajang gelombang makin pendek akan makin rapat bentuk gelombangnya (bisa dilihat di CRO), dan kemampuan menembus suatu benda akan makin kuat.

      Bayangkan aja, kalau bentuk gelombang sangat rapat, maka kkuatannya juga akan smakin berlipat karena smakin mengumpul..

      kira2 seperti itu,, mhon maaf kalau jwabannya kurang mmuaskan.. ^^

      1. oh iyaiya, saya ngerti sekarang. saya juga pernah baca tabel soal low-high frequency. itu juga menyatakan panjang gelombang kan?🙂
        (Corect Me if I Wrong)
        kalau ga salah gelombang radio itu yang paling rendah.

      2. iya, kalau panjang gelombang itu berbanding terbalik dengan frekuensinya..

        yups,, benar. frekuensi terendah memang kepunyaan gelombang radio, tuh di atas sampun ada..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s